Minggu, 10 Mei 2015

Internasionalisasi Bahasa Inggris

Bahasa merupakan hal yang sangat penting sebagai sarana kita berkomunikasi. Dengan tidak adanya bahasa maka kita tidak semudah seperti sekarang dalam berkomunikasi. Yang menjadi banyak perbicaraan adalah mengapa harus Bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional? Mengapa tidak bahasa Indonesia atau bahasa Jawa atau bahasa yang lain yang sudah pasti kita hafal? Untuk itu kali ini saya akan berusaha menjelaskan mengapa bahasa Inggris dijadikan sebagai bahasa internasional.

Berikut adalah beberapa hal yang menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa internasional:
1. Bahasa Inggris Merupakan Bahasa Tertua di Duina.
Sebagai bahasa yang paling tua tentu akan banyak sekali masyarakat dunia yang menggunakan bahasa ini, pada kenyataannya memang banyak negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasional sebelum bahasa Inggris dijadikan bahasa internasional, seperti Amerika Serikat.

2. Bahasa Inggris Memiliki Banyak Kosa Kata
Bahasa Inggris termasuk bahasa yang mempunyai kosakata yang sangat banyak, selain itu perkembangan kosakata bahasa Inggris juga sangat pesat. Perusahaan internet terbesar mengatakan bahwa bahasa Inggris memiliki perkembangan kosa kata setidaknya 8.500 kata pertahun, saat ini bahasa Inggris sudah memiliki lebih dari 1.022.00 kata, bandingkan dengan bahasa negara kita (bahasa Indonesia) yang hanya memiliki sekitar 82.000 kosa kata.

3. Negara Inggris Adalalah Negara Maju
Inggris adalah Negara yang maju di bidang industri, ilmu pengetauan dan perekonomian. Oleh sebab itu, banyak literatur atau buku-buku yg berkembang menggunakan bahasa Inggris dan penyebarannya sangat pesat di dunia. Hal itu dapat menuntut penduduk dunia berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

4. Inggris Paling Banyak Menjajah di Dunia
Hampir sebagian wilayah di dunia pernah dijajah Inggris, berdasarkan Wikipedia ada 90 negara pernah dijajah Inggris. Yang hingga kini dijadikn sebagai bahasa pengantar utama di seluruh dunia. Bahkan sejumlah negara menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resminya.

Bahasa Inggris menjadi bahasa yang global. Berbagai perangkat elektronik menggunakan bahasa Inggris. Internet pun ditemukan oleh orang yang kesehaiannya menggunakan bahasa Inggris. Semua negara di dunia ini mempelajari bahasa Inggris. Tujuannya untuk mempermudah komunikasi terhadap orang lain yang berbeda negara. Maka dari itu mengapa orang indonesia bertemu dengan orang Jerman atau Spanyol maka dia tidak harus bisa bahasa Jerman atau bahasa Spanyol. Cukup dia bisa dan lancar berbahasa Inggris maka dia sangat mudah berkomunikasi dengan orang itu karena bahasa Inggris yang bersifat Universal, yang digunakan oleh semua orang di dunia ini.

Karena pentingnya bahasa Inggris maka jangan malas-malas untuk belajar bahasa Inggris agar kita bisa mudah berkomunikasi dengan orang lain antar negara. Walau kita mempelajari kebudayaan orang lain bukan berarti kita harus melupakan budaya kita sendiri. Tetap kita harus menjunjung tinggi budaya kita.


*Disampaikan dalam Diskusi Indonesia Belajar - IB pada Jumat, 8 Mei 2015 di Angkringan 57 Jl. Jemursari Surabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimaksih telah sudi berkomentar...